Kamis, 03 Desember 2009

Kunci Keberhasilan Google

Kunci Keberhasilan Google 2. Strategi Fokus (Focus Strategic)

Kunci keberhasilan Google
1. Kepemimpinan yang mengutamakan Nilai. Kunci keberhasilan berikutnya adalah menerapkan strategi fokus. Menurut Berry (1999) bahwa strategi inti dari strategi fokus meliputi 4 hal. Dalam pembahasannya, strategi inti ini akan dihubungkan langsung dengan penerapan yang dilakukan di Google.
a) The company focus on serving a specific market need rather than on marketing a specific product for that need. Hal ini berarti perusahaan harus lebih mengutamakan kebutuhan konsumen dan bukan pada produk. Google dalam hal ini menetapkan bahwa people, dalam hal ini adalah pengguna Google, adalah menjadi fokus mereka termasuk didalamnya hidup, kerja dan mimpi mereka. Google telah merubah perilaku orang – orang dalam mencari informasi. Dulu kita ketahui bahwa orang mencari informasi dari media – media seperti, koran, buku, telephone dan lain lain, namun sekarang orang tinggal mencari lewat Google dan informasi tersedia seketika. Dalam proses pengembangannya yang berorientasi kepada pengguna, penemu Google melalui sistemnya selalu berinteraksi dengan ratusan juta pengguna Google setiap hari. Melalui team yang dinamakan The Google User Experience, mereka bekerja untuk selalu mencari dan menemukan kebutuhan – kebutuhan dari pengguna Google yang selalu berkembang. Di senjatai dengan informasi, Google dapat menciptakan suatu produk yang menjadi solusi kehidupan nyata didunia ini. Mengembangankan kehidupan manusia didunia adalah tujuan dari Google.
b) The company focus on serving underserved market needs. Ini diartikan bahwa perusahaan harus memfokuskan semua perhatiannya untuk melayani kebutuhan konsumen yang tidak disediakan oleh pesaing atau perusahaan lain. Jhon Hennessy, salah seorang direktur Google dan seorang ilmuwan Komputer terkemuka mengatakan bahwa Google adalah perusahaan yang sangat unik karena ketika dunia teknologi informasi masa kini terbagi dua antara perusahaan – perusahaan perangkat lunak dan perusahaan – perusahaan perangkat keras yang sama – sama canggih, Google termasuk di jajaran terdepan untuk keduanya. Guna mendukung pencarian dan menyediakan layanan – layanan terkait dengan pencarian, Google menjalankan program – program rancangan khusus yang dipatenkan pada ratusan ribu mesin yang juga dibuat secara khusus. Perpaduan optimal sejumlah teknologi oleh perusahaan paling inovatif di dunia ini mampu menghadirkan hasil – hasil pencarian yang superior dalam waktu yang supercepat. Karena tak berhasil menemukan kata dalam bahasa Inggris yang mampu menggambarkan perpaduan yang sangat rapi antara perangkat keras dan perangkat lunak dalam skala yang begitu masif, maka timbulah istilah baru yaitu Googleware. Keunggulan yang paling penting membedakan Google dari pesaingnya adalah karena karyawan – karyawannya merakit dan mengkhususkan semua komputer pribadi yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan fungsi pencarian. Tidak ada perusahaan yang memiliki kemampuan komputasi lebih besar dari Google dengan jaringan bermacam macam PC yang masing – masing telah diberi semacam “obat kuat”.
Teknolgi terkenal yang telah dipatenkan oleh Google yang membedakan dengan pesaingnya adalah PageRank Technology dikombinasikan dengan Hypertext – Matching Analysis. PageRank tergantung pada sifat demokratis web yang unik dengan menggunakan struktur linknya yang kuat sebagai indikator dari nilai sebuah halaman. Situs yang penting dan berkualitas tinggi akan memperoleh lebih banyak PageRank, dan akan diingat oleh Google pada tiap-tiap pencarian. Tapi halaman yang penting tetap saja tidak berguna bila ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda. Oleh karena itu, Google mengkombinasikan PageRank dengan teknik pembandingan teks untuk mencari halaman web yang penting dan relevan dengan apa yang anda cari. Google lebih dari sekedar menghitung jumlah keberadaan kata dalam sebuah halaman dan memeriksa segala aspek dari isi halaman (termasuk halaman-halaman yang terkait) untuk memutuskan apakah halaman tersebut cocok dengan apa yang anda cari.
c) The company focus on serving their chosen markets in a superior manner. Perusahaan yang baik berhasil mempertahankan kesuksesannya adalah karena menurut penilaian konsumennya, perusahaan telah melayani konsumennya dengan pelayanan yang berkualitas prima. Google sebagai mesin pencari yang gratis, sangat memperhatikan penggunanya dan dengan Google User Experience team, mereka menciptakan suatu rangkaian pengalaman yang khusus ditujukan untuk penggunanya yaitu : useful, fast, simple, engaging, innovative, universal, profitable, beautiful, trustworthy dan personable.
d) Focusing on the core strategy. Dengan motto/slogan Google yang terkenal adalah “Don’t be evil” mempunyai arti yang sangat dalam yang mencerminkan core strategy dari Google. Dalam slogan yang sangat unik ini tersirat maksud Google sebagai perusahaan yang senantiasa akan memberikan sesuatu hal yang baik untuk kepentingan orang yang menggunakannya. Google tidak akan menggunakan media ini sebagai mesin penjebak penggunanya seperti halnya perusahaan lain yang terkadang membawa kesan mengeksploitasi penggunanya sebagai kelinci percobaan perusahaan - perusahaan yang mengiklankan produknya di situs tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar